Abstrak

Tuhan dan Hal-Hal yang Tak Nampak


Ketika Tuhan mengutus para Nabi dan Rasul. Hanya satu hal yang mereka lakukan: melawan Hawa Nafsu!! Nafsu ingin berkuasa, nafsu ingin mendominasi, ingin cepat kaya, memupuk kekayaan, nafsu ingin dapat pahala, nafsu ingin populer, nafsu ingin mendapatkan gadis cantikJodoh maksudnya, :D Heheh dan macam-macam nafsu lainnya. Karena hal yang paling pokok adalah melawan (mengendalikan) hawa nafsu itu sendiri. 

Anda coba bayangkan, jika dalam satu ruangan (misalkan ruang kampus). Setiap orang memerkan nafsunya. Misalkan ingin punya tas baru, HP baru, buku/pena baru, baju/celana, sepatu baru dan lain sejenisnya. Si A mengambil tas si B karena menyukainya. Sebaliknya si B mengambil pena/buku si A. Dan kemudian si C juga mengambil sesuatu milik si D atau yang lainnya. Semuanya saling merampas (mengambil) yang bukan miliknya. Apa jadinya kelas itu? Sudah pasti, kelas itu menjadi kacau karena semua orang tak mampu menahan "hasrat" memiliki mereka... 

Nafsu yang tidak terkelola sudah pasti bermuara pada kerakusan. Apa jadinya jika itu terjadi dalam kehidupan bernegara? Anda silakan jawab sendiri. 

Misalkan dalam kehidupan beragama. Satu agama ingin mendominasi agama yg lain. Karena itu ia akan melakukan hal-hal semacamnya yang ingin mendominasi. Ingin didengar, dihargai, dihormati (tanpa menghiraukan hak-hak agama lain). Suaranya adalah suara kebenaran. 

Atau Dalam lapangan ekonomi dan sosial: yang satu, gemar memupuk harta dan kekayaan sedangkan yang lainnya hidup dalam kemelaratan. Yang satu memupuk harta dengan cara, merampas (dengan berbagai cara) hak yang lain. Bagaimana dengan nasib yang lain? Jika yang merasa hak-hak ini dicuri/dirampas dan melakukan hal sebaliknya pada yang lain/ atau pada yang mencuri/ merampas itu apa jadinya kehidupan ini. 

Praktek-praktek ini jika dilakukan sebuah institusi, sebuah negara, sebuah sistem? Hancur lah martabat kita sebagai khalifatullah dimuka bumi. Maka saya tak bisa membayangkan semua sifat kerakusan (yang sudah menempel erat dalam sistem, dalam sebuah negara, dalam setiap institusi) ini bersekutu?

Jika mereka bersekutu, mungkin akan lahir sebuah hukum kehidupan yang baru? Dan setiap orang akan menjunjung tinggi hukum kehidupan baru tersebut. Celaka lah kita, yang tak mampu melawan diri sendiri. Tak mampu meredam nafsu dalam diri!!



#Secangkir_Kopi Pagi
"Tuhan Tidak Memberikan Kita Semua Kebahagiaan Yang Sama, Beberapa Dari Kita Harus Merampas Kebahagiaan Darinya...".
Safril_Putra Morsang

Postingan Populer